
Untuk mampu menjadi seorang pembalap F1 tidaklah mudah, menyerupai sama dengan seseorang yang ingin menjadi seorang pilot pesawat tempur, bedanya jet yang dikendarai ini menapak di aspal. selain itu seorang pembalap F1 salah satunya harus memfungsikan segala yang ada di kokpit kendaraan beroda empat tersebut yang idak mudah untuk diingat.
Sebagai pengetahuan dasar kita perihal kokpit kendaraan beroda empat F1 mari kita mulai dengan fungsi tombol2 yang terdapat pada kendaraan beroda empat F1 dibawah ini.
1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.
2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.
3. Tombol Differential adjustment
Tombol ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada kendaraan beroda empat pada dikala berbelok.
4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan kendaraan beroda empat ke posisi normal.
5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan kendaraan beroda empat untuk meningkatkan downforce.
6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi perihal arahan-arahan dari pit.
7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio
8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran materi bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.
9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.
10. Tombol Overtake button
Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada dikala pembalap akan menyalip. (Sejenis Turbo gitu)
11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada dikala berada di pitlane, menyerupai yang sahabat semua ketahui bahwa didalam pitlane kecepatan kendaraan beroda empat harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai hukuman.
12. Tombol Engine breaking level
Tombol ini difungsikan pada dikala keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.
13. Tombol Tyre configuration
Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada dikala keadaan hujan.
14. Tombol Master multifunction switch
Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan fatwa udara mobil.
Oh ya sebagai tambahan, harga untuk setir jenis ini mencapai Rp. 368 juta.
Bagaimana? tertarik menjadi pembalap F1?